Sunday, November 14, 2010

Yuk, Mengenal Bisnis !

BISNIS. Sebuah kata yang tak lagi asing kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kadang banyak orang yang mendefinisikan bisnis sebagai sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang besar, namun pada kenyataannya sebuah bisnis tidak hanya dapat diartikan seperti itu. Kegiatan usaha yang dilakukan seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari sebuah transaksi itulah yang disebut bisnis. Transaksi disini bisa diartikan dalam menjual produk atau jasa. Kegiatan bisnis, bisa dilakukan dimana aja dan kapan saja dan media apa saja. Seseorang yang mendirikan warung nasi atau pun counter handphone misalnya, mereka pun sedang melakukan bisnis. Atau pun perusahaan besar seperti PERTAMINA, PT. TELKOM, mereka pun melakukan bisnis. Bedanya pada pasar yang lebih besar dan luas dibandingkan dengan yang pertama. Nah, mereka yang melakukan kegiatan bisnis, biasanya disebut pebisnis/businessman/businesswoman.

Banyak sekali bidang yang dapat dijadikan lahan untuk berbisnis. Contohnya bidang makanan, tekstil, jasa pengiriman, property, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat berkembang tentunya dengan teknik-teknik tertentu. Contohnya apabila kita ingin memulai sebuah bisnis, kita harus tau terlebih dulu jenis bisnis apa yang cocok dengan menyesuaikan target pasarnya, lokasi tempat berbisnis, dan tentunya strategi-strategi jitu lainnya agar bisnis yang kita kelola bisa terus berkembang baik dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat. Salah satunya kita harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk, terampil dalam pemasarannya, dan masih banyak hal lainnya yang bisa dipertimbangkan.

Di era modern seperti saat ini dimana teknologi sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi sari kehidupan manusia, tidak ada salahnya pula kita manfaatkan sebagai media untuk mempromosikan bisnis yang sedang kita jalani. Kita bisa menggunakan fasilitas internet untuk mempermudah pemasaran produk/jasa yang kita tawarkan. Pada kenyataanya banyak sekali faktanya bahwa memasarkan produk lewat internet sangat membantu dalam meningkatkan daya beli. Hal ini terjadi pada masyarakat yang sibuk dan tidak sempat mendatangi tempat yang menawarkan produk dan jasa tersebut, sehingga transaksi pun bisa dilakukan melalui ‘dunia maya’.

Contoh real-nya terjadi pada rekan saya sendiri. Di usia yang cukup belia, dia sudah bisa membiayai SPP-nya sendiri. Hal itu dia peroleh berkat kerja kerasnya yang gigih dan kemauan untuk berbisnis yang sangat tinggi. Dia membuka penjualanan pulsa dan bisnis butik on-line. Hal ini sangat mudah dilakukan dan tentunya dengan modal yang cukup terjangkau. Ketika ingin menjadi agen pulsa, yang dibutuhkan hanyalah sebuah handphone dan pendaftaran saldo awal Rp. 100.000,00. Sementara itu, untuk bisnis butik on-line sendiri yang dia butuhkan hanyalah sebuah konsinyasi dari produsen baju/tas/sepatu yang diperjualbelikan. Dan tentunya ia mempromosikannya melalui dunia maya seperti facebook dan jejaring sosial lainnya yang sedang popular saat ini. Dari usahanya itulah ia bisa memperoleh penghasilan berkisar sekitar Rp. 600.000,00. Hal ini cukup menguntungkan untuk kategori pelajar atau mahasiswa untuk menambah-nambah uang jajan atau bahkan bisa membantu orang tua dalam meringankan beban biaya untuk sekolah atau kuliah. Bisnis yang semula hanya sekedar ‘iseng-iseng’, kini bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan menggiurkan. Apalagi untuk memulai bisnis di jaman sekarang ini, kita tidak perlu lagi membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil pun kita bisa, asalkan kita harus sepandai-pandainya memutar uang agar bisa mendapatkan keuntungan selalu.

Sebenarnya untuk menjadi seorang pebisnis merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kuncinya kita harus berani mengambil keputusan dengan baik dan siap akan konsekuensi baik atau buruknya. Karena yang perlu diingat adalah bahwa setiap jalan yang kita tempuh dalam berbisnis pastilah tidak akan semulus jalan tol. Akan ada masalah-masalah yang datang sehingga sehingga diharapkan seorang pebisnis dapat bertindak cepat namun tidak gegabah. Pebisnis juga harus pintar-pintarnya mengambil peluang dalam setiap kegiatan bisnisnya. Hal ini dilakukan tentunya untuk meningkatkan keuntungan yang diperolehnya.

Jadi, bagi siapa saja yang ingin memulai berbisnis, jangan pernah ragu untuk memulainya. Karena berbisnis itu mengasyikkan, bahkan dalam sebuah Hadits Rasulullah SAW dinyatakan bahwa dari 20 pintu rezeki, 19 diantaranya untuk pengusaha (pebisnis) dan 1 pintu lainnya diperuntukkan bagi para pegawai. SELAMAT MENCOBA BERBISNIS :)

0 komentar:

Post a Comment