Sunday, November 14, 2010

Situs Layanan Gunadarma

Universitas Gunadarma sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dimana berdasarkan webometrics menempati posisi ke 4. Dalam perkembangannya, universitas ini berbasis teknologi. Sehingga dalam pelayanannya banyak sekali alamat-alamat yang dapat di akses via internet. Berikut ini akan dijelaskan layanan apa sajakah yang disediakan Universitas Gunadarma bersama penjelasannya dengan disertakan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing situs layanan tersebut.

STUDENT SITE
Dapat diakses melalui http://studentsite.gunadarma.ac.id Situs ini merupakan layanan yang diberikan Universitas Gunadarma kepada mahasiswa agar mereka dapat memperoleh informasi terkini mengenai Gunadarma. Seluruh mahasiswa Gunadarma tanpa terkecuali wajib memiliki akun di situs ini agar dapat mengaksesnya dengan log in menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Ketika sudah berhasil log in, mahasiswa akan menemukan menu-menu seperti di bawah ini:
  1. Home : Merupakan halaman muka dimana terdapat berbagai informasi paling update di Gunadarma, contohnya BAAK News berupa pengumuman pembagian smartcard untuk mahasiswa atau informasi lainnya untuk mahasiswa baru, dll. Terdapat juga kalender akademik selama satu semester.
  2. BAAK News : Berisi pengumuman-pengumuman yang ditujukan untuk mahasiswa seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya
  3. Lecture Message : Menu ini berisi perintah atau tugas yang ditujukan kepada mahasiswa dari dosen ataupun administrasi gunadarma. Di dalamnya akan dijelaskan jenis tugasnya apa, kapan deadlinenya, dan bagaimana proses dalam mengumpulkan tugas tersebut. Penyampaiannya hanya melalui media internet saja, sehingga diharapkan mahasiswa rajin untuk mengecek akun student site nya agar tidak ketinggalan informasi mengenai tugas.
  4. Rangkuman Nilai : Menu ini berisi tentang rangkuman nilai dari mulai nilai lokal, utama, workshop/kursus, PI/skripsi/attitude/perpustkaan
  5. Jadwal kuliah : Berisi tentang jadwal kuliah mahasiswa yang bersangkutan
  6. Jadwal Ujian : Menu ini berisi jadwal ujian mahasiswa lengkap dengan disertai kapan ujian berlangsung, mata kuliahnya apa dan tempat pelaksaan ujian.
  7. Surat Keterangan : Dalam menu ini dapat diakses mahasiswa untuk memperoleh surat keterangan dan untuk pengambilannya dapat langsung dilakukan di gedung D di loket surat keterangan.
  8. Informasi Absen : Menu ini berisi tentang absensi dari siswa yang bersangkutan. Sayang sekali menu ini hanya mencantumkan absesnsi mahasiswa mulai dari angkatan 2007 saja.
  9. Pendaftaran Lomba Blog : Melalui menu ini, kita dapat mendaftarkan diri kita sebagai peserta lomba blog mingguan secara online.
  10. Info Seminar (UG Portofolio) : Menu ini berisi mengenai informasi-informasi mengenai seminar yang dilaksanakan di Gunadarma dan juga seminar apa saja yang sudah pernah diikuti oleh mahasiswa tersebut.
  11. Tulisan (UG Portofolio) : Menu ini dapat digunakan untuk mengsubmit tulisan dalam blog mahasiswa.
  12. Tugas (UG Portofolio) : Menu ini dapat digunakan untuk mengsubmit tugas dalam blog mahasiswa.
  13. Warta warga : Menu ini berisi informasi yang ada dalam warta warga.
  14. Blog Komunitas : Menu ini berisi tentang blog komunitas yang ada di Gunadarma, diantaranya ada komunitas perbankan, linux, fotografi, robotika, arsitektur, dan ekonomi syariah, dan komunitas pasar modal.




Kelebihan situs ini:

  • Dapat memberikan berbagai macam informasi terkini yang selalu update mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma.
  • USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan tIntegrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, dan pendaftaran sidang akhir.
  • Bisa digunakan sebagai media pengumpulan tugas atau memperoleh tugas paling terkini yang diberikan oleh dosen.



Kekurangan situs ini:

  • Pembuatan user id di awal sempat mengalami kesulitan.
  • Beberapa menu layanan ada yang tidak di update atau tidak dapat diaksesc. Penggunaan situs ini diwaktu yang bersamaan sesama mahasiswa Gunadarman, sehingga menyebabkan kesulitan dalam mengakses situs ini.



BAAK (BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN) ONLINE




Dapat diakses melalu http://baak.gunadarma.ac.id Merupakan biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar dan mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.pada home akan dijumpai info update, kalender akademik, jadwal akademik, info mahasiswa, info pelayanan, dll. Pada situs ini juga akan dicantumkan link situs jurusan diantaranya fakultas ilmu komputer, ekonomi, tekonologi industry, teknologi sipil dan perencanaan, psikologi, sastra, dan diploma.



Kelebihan situs ini:

  • Dapat memberikan informasi seputar akademik dan kemahasiswaan secara online sehingga aksesnya lebih mudah.
  • Adanya kolom tanya jawab yang bersifat interaktif sehingga segala pertanyaan yang diajukan mahasiswa bisa langsung dijawab via email oleh team BAAK.


Kekurangan situs ini:

  • Server yang kelebihan beban dapat membuat transfer informasi menjadi lamban.
  • Pemberian informasi yang kadang tidak tepat sasaran dan kurang memuaskan.
WARTA WARGA
Dapat diakses melalui http://wartawarga.gunadarma.ac.id Situs layanan ini dapat diakses untuk memperoleh informasi mengenai Gunadarma dan sekitarnya. Mahasiswa dapat juga dengan aktif memposting informasi di situs ini.
V-CLASS (VIRTUAL CLASS)
Dapat diakses melalui http://v-class.gunadarma.ac.id Dimana situs ini merupakan media untuk para mahasiswa dimana tidak perlu dilaksanakan perkuliahan melalui tatap muka melainkan dapat dilakukan dengan mengakses situs ini. Ketika tiba di home, mahasiswa atau dosen dapat memasukkan user id dan password.


UG COMMUNITY

Dapat diakses melalui http://community.gunadarma.ac.id Situs ini merupakan layanan komunitas yang ada di Gunadarma. Dapat dijadikan media untuk saling bertukar pikiran mengenai suatu topik yang diangkat.
Kelebihan situs ini:
  • Bisa memperoleh informasi yang banyak dan menambah pengetahuanb. Dapat digunakan untuk media berkenalan dengan sesama mahasiswa Gunadarma
Kekurangan situs ini:
  • Untuk mengaksesnya sangat sulit dan lamban
STAFF SITE
Dapat diakses melalui http://staffsite.gunadarma.ac.id Berisi mengenai daftar nama dosen dan staff yang bekerja di Gunadarma. Kita dapat mengetahui informasi mengenai dosen.


Kelebihan situs ini:

  • Mahasiswa dapat memperoleh materi ataupun tugas dari dosen yang bersangkutan dengan mengakses situs ini
  • Mahasiswa juga dapat meghubungi dosen yang bersangkutan berdasar informasi yang diberikan di situs ini
Kekurangan situs ini:
  • Terkadang dosen tidak memberi materi di kelas sehingga siswa hanya bisa mengandalkan situs ini untuk memperoleh materi, padahal menurut saya pengajaran di kelas jauh lebih baik dilakukan


UG LIBRARY

Dapat diakses melalui http://library.gunadarma.ac.id Situs ini merupakan perpustakaan digital yang disediakan oleh Universitas Gunadarma. Dari situs ini mahasiswa dapat memperoleh segudang informasi layaknya sebuah perpustakaa dari mulai majalah, buku, literatur, jurnal ilmiah, dll.


Kelebihan situs ini:

  • Proses pencarian informasi akan lebih cepat dibandingkan dengan mendatangi perputakaan secara langsung karena harus mengikuti administrasi
  • Lebih mudah dalam mendaptkan informasi menggunakan teknologi dari pada manual
Kekurangan situs ini:
  • Dapat membuat orang mahasiswa menjadi malas untuk mendatangi perpustakaan secara langsung
    

0 komentar:

Post a Comment