Saturday, November 5, 2011

Pergeseran Kurva Penawaran

Penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang ingin dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga. Adapun bunyi hukum penawaran itu sendiri memiliki slope yang positif dimana semakin tinggi harga maka semakin tinggi pula kuantitas barang yang ditawarkan dan sebaliknya semakin rendah harga maka semakin rendah pula kuantitas barang yang ditawarkan.
Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pergeserakan kurva penawaran diantaranya adalah:
·           Price of relevant resources (harga sumber daya yang bersangkutan). Dalam memproduksi suatu barang, ada biaya-biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Pengeluaran tersebut mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan ongkos produksi. Ongkos produksi yang lebih tinggi dibandingkan penghasilannya, akan menyebabkan suatu perusahaan mengalami kerugian dan ini akan berimbas pada jumlah barang yang ditawarkan akan semakin sedikit.
·           Technology (teknologi). Perkembangan teknologi mempunyai andil yang sangat besar bagi kegiatan produksi. Dengan kemajuan teknologi maka terciptalah suatu efisiensi kerja yang kemudian mengakibatkan berkurangnya biaya produksi, mempertinggi produktivitas dan mutu barang serta mampu menciptakan barang-barang baru. Sehingga bisa kita ambil kesimpulan bahwa teknologi cenderung menaikkan penawaran.
·           Number of sellers (jumlah penjual). Seberapa banyaknya jumlah penjual mempengaruhi pergeseran kurva penawaran. Semakin banyak penjual maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin banyak pula, dan begitupun sebaliknya apabila jumlah penjualnya sedikit maka penawaran barang akan sedikit.
·           Expectation of future prices (prediksi harga di masa mendatang). Prediksi harga di masa mendatang akan mempengaruhi bagaimana perilaku produsen terhadap jumlah barang yang dimilikinya saat ini. Misalnya apabila prediksi harga di masa datang tinggi, maka produsen cenderung menyimpan barang tersebut sehingga penawaran di masa sekarangnya turun. Sebaliknya apabila prediksi harga di masa mendatangnya rendah maka produsen akan menawarkan barang sebanyak-banyaknya di masa sekarang.
·           Taxes and subsidies (pajak dan subsidi). Dengan diberlakukannya pajak maka akan produen wajib juga untuk membayarkan pajak tersebut sehingga apabila semakin banyak produk yang ditawarkan maka besar pajak yang harus dibayarkan pun akan semakin besar sehingga terkadang produsen lebih memilih untuk menurunkan produk yang dihasilkan dibandingkan harus membayar pajak yang besar. Sementara subsidi akan membuat perusahaan mendapatkan dana lebih untuk bisa menghasilkan produk sehingga penawarannya pun akan cenderung bertambah.


·           Government restriction (pembatan pemerintah). Pembatasan pemerintah di sini maksutnya berhubungan juga dengan kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah mengenai permintaan dan penawaran agar selalu seimbang. Atau berkaitan juga dengan bagaimana tentang kebijakan harga untuk melindungi baik produsen maupun konsumen.
Sebagai contoh pada kasus berikut ini terjadi increase supply (kenaikan penawaran) dan decrease supply (penurunan penawaran) pada pakaian jenis kaos dimana kondisi harga tetap, sebagaimana tercantum dalam kurva berikut ini:
Pada kurva (a) terjadinya pergeseran kurva dari dari kiri ke kanan. Inilah yang disebut dengan increase supply  (kenaikan penawaran). Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hal seperti ini yaitu:
1.      Harga sumber daya bersangkutan yang rendah. Hal ini menyebabkan biaya produksi salah satunya pembelian kain yang harus dikeluarkan si produsen rendah sehingga bisa membuat lebih banyak kaos lagi.
2.      Teknologi  yang sangat berkembang. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, perkembangan teknologi akan memberikan dampak efisiensi kerja. Pembuatan kaos pada S1 menggunakan mesin jahit manual kemudian terjadilah perubahan teknologi menggunakan mesin jahit yang lebih modern sehingga pada S2 terjadi peningkatan jumlah produksi yang bisa dihasilkan dari 600 ke 900 buah kaos.
3.      Jumlah penjual yang ada. Dengan harga yang sama, terjadi perubahan jumlah barang yang ditawarkan dari semula 600 buah karena ada penambahan jumlah penjual maka menjadi 900 buah. Penambahan jumlah penjual bisa terjadi ketika sedang ada sebuah tren berpakaian terentu sehingga penjual “menjamur” dengan mencoba peruntungan dengan cara berjualan pada harga yang sama karena produk yang sama pula.
4.      Prediksi harga di masa depan rendah bisa membuat produsen lebih memilih untuk menjual kaosnya lebih banyak lagi saat ini agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
5.      Adanya subsidi dari pemerintah, sehingga membantu meringankan biaya produksi. Seperti halnya di poin satu, ketika biaya produksi rendah maka produsen cenderung untuk bisa memproduksi kaos lebih banyak lagi.
Sementara pada kurva (b) terjadinya pergeseran kurva dari kanan ke kiri. Inilah yang disebut dengan decrease supply (penurunan penawaran) yang bisa saja disebabkan karena adanya:
1.      Apabila harga sumber daya yang bersangkutan yaang yang meliputi upah tenaga kerja, harga bahan mentah berupa kain dan biaya-biaya produksi lainnya mengalami kenaikan tinggi dibandingkan penghasilan perusahaan pembuat kaos, maka mereka akan merugi sehingga melakukan penurunan jumlah produk yang ditawarkan.
2.      Menurunnya jumlah penjual kaos akan menyebabkan menurunnya pula jumlah kaos yang ditawarkan di pasaran.
3.      Prediksi harga di masa datang tinggi sehingga produsen kaos memilih untuk mengurangi penjualan kaos kemudian menyimpannya untuk di masa datang agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi.
4.      Pemberlakuan pajak dari pemerintah terhadap pakaian jenis kaos. Sebelum adanya pajak, perusahaan bisa menghasilkan produk sebanyak-banyaknya tanpa harus memikirkan berapa besarnya jumlah pajak yang harus dibayarkan ke pemerintah.  Dalam kondisi ini terjadi pada titik dimana jumlah kuantitas yang dihasilkan sebanyak 900 buah. Namun setelah diberlakukan pajak pun biaya yang harus dikeluarkan perusahaan juga besar sehingga berdampak kerugian dan penurunan jumlah penawaran menjadi 600 buah. 

3 komentar:

Widya Okta on June 5, 2019 at 7:35 PM said...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

RIKA NADIA on January 26, 2020 at 9:53 PM said...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Ny. SISKA WIBOWO on May 31, 2020 at 10:58 AM said...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Post a Comment