Judul:
Understanding and Managing Compound Relationships Between “Firms"
Nama Pengarang:
William T. Ross, Jr. dan Diana C. Robertson
Tahun:
November 2005
Tema:
LATAR BELAKANG MASALAH
Understanding and Managing Compound Relationships Between “Firms"
Nama Pengarang:
William T. Ross, Jr. dan Diana C. Robertson
Tahun:
November 2005
Tema:
Tulisan ini membahas mengenai jenis jenis hubungan antar perusahaan, pentingnya mempertimbangkan suatu hubungan antar perusahaan yang saling bekerjasama serta bagaimana mengkoordinir dan mengatur hubungan antar perusahaan tersebut.
LATAR BELAKANG MASALAH
Fenomena
Di dalam dunia bisnis, dikenal adanya suatu hubungan sederhana antara suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya misalnya ialah hubungan antara pemasok kepada pelanggan atau sebaliknya, hubungan antara dua perusahaan atau lebih yang saling bersaing ataupun suatu mitra perusahaan dengan mitra lainnya. Masing masing hubungan ini memiliki peran yang penting dalam mencari peluang atau memberikan tantangan baru bagi suatu perusahaan untuk berkembang. Sebagai contoh hubungan antara Dell computer Corporation dan Lenovo, dimana Dell membeli komponen dari Lenovo untuk kepentingan produksinya, meskipun mereka berdua adalah merupakan perusahaan produsen computer pribadi yang saling bersaing. Serta hubungan antara Sony Coorporation dan Konika Minolta Holdings Inc. yang bekerja sama mengembangkan kamera Single Lens Reflect (SLR) dimana keduanya perusahaan tersebut saling bersaing. Namun, yang perlu dipertimbangkan bukan hanya hubungan antar dua perusahaan saja, namun ada hubungan yang lebih kompleks terkait dengan pengelolaan satu kelompok hubungan dalam satu waktu sehingga diperlukan adanya suatu manajemen yang baik.
Riset Terdahulu
Peneliti menganalisis permasalahan dari beberapa literatur terdahulu seperti, Dwyer Schurr dan Oh tahun 1987 yang meneliti tentang pentingnya mempertimbangkan suatu hubungan dalam pemasaran. Johanson dan Seines tahun 2004 dan Reinhartz dan Ramaswamy tahun 2000 yang menganalisis Costumer Relationship Management sebagai suatu konstruksi yang kuat di dalam pemasaran. Wuyts, Stermersch, Van Den Bulte dan Franses tahun 2004 yang meneliti bagaimana hubungan antara vendor dan pemasok akan berpengaruh pada kesediaan pelanggan untuk terlibat dalam hubungan yang erat dengan vendor. Serta jurnal oleh Varga dan Lusch tahun 2004 yang menunjukkan adanya logika dominan baru yang muncul dalam disiplin pemasaran yaitu suatu kepentingan mengelola hubungan eksternal.
Motivasi Penelitian
Motivasi dari penelitian ini diantaranya ialah, penulis ingin memberikan pengertian dan menunjukkan pentingnya hubungan majemuk antar perusahaan. Menguraikan konsep hubungan majemuk, mengembangkan model konseptual mengenai hubungan antar perusahaan berdasarkan kerangka kerja ekonomi politik, serta menguraikan kepentingan adanya hubungan antar perusahaan dalam pemasaran, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam mengatur hubungan antar perusahaan yang baik. (continue)