Wednesday, November 24, 2010

Karakteristik Asing yang Mempengaruhi Bisnis Internasional

DEFINISI BISNIS INTERNASIONAL


Ball ,McCulloch,Geringer,Minor,McNett(2008)
  • Bisnis yang kegiatannya melampaui batas Negara.
  • Definisi tersebut mencakup perdagangan internasional. pemanufakturan diluar negeri juga industri jasa diberbagai bidang seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi,perdagangan eceran, perdagangan besar dan komunikasi massa.
Charles WH Hill (2009)
  • Perusahaan yang terlibat dalam perdagangan maupun investasi internasional.

Daniels, Radebaugh & Sullivan (2004)
  • Semua transaksi komersial baik oleh swasta maupun pemerintah diantara 2 negara atau lebih

Dalam kegiatan dan perumusan strategi bisnis, perusahaan internasional biasanya mempertimbangkan berbagai faktor eksternal, tidak hanya ekonomi tetapi juga sosial-budaya politik dan kedaulatan hukum.

Tuesday, November 23, 2010

Pengaruh Pemerintah pada Kondisi Ekonomi

Pembangunan ekonomi suatu negara akan memberikan pengaruh kepada kondisi ekonomi dan sosial masyarakatnya. Kondisi ekonomi suatu negara tersebut dapat dilihat pada pertumbuhan ekonominya, yang mengindikasikan berhasil tidaknya suatu pembangunan. Sedangkan salah satu hal yang bisa menggambarkan kondisi sosial masyarakat suatu negara adalah distribusi pendapatannya.

Pemerintah sebagai salah satu pelaku ekonomi, mempunyai peran yang cukup besar dan menonjol dalam upaya menjaga kesinambungan dan kelanjutan pembangunan nasional. Peran pemerintah melalui kebijakan investasinya, tentunya mempengaruhi pembangunan yang hasilnya dapat dilihat dari distribusi pendapatan rumah tangga yang menggambarkan kondisi sosial masyarakat.

Kondisi krisis telah membawa dampak terhadap pengaruh investasi pemerintah terhadap distribusi pendapatan. Investasi pemerintah pada saat krisis baik perubahan pola maupun peningkatan nilai investasi, bisa dikatakan kurang tepat dalam meningkatkan pendapatan perkapita sekaligus mengurangi kesenjangan.

Monday, November 22, 2010

Menjalankan Bisnis Secara Etis dan Bertanggung Jawab

Sejalan dengan perkembangan jaman yang semakin maju serta laju perekonomian dunia yang semakin cepat, dan diberlakukannya sistem perdagangan bebas sehingga batas kita dan batas dunia akan semakin "kabur" (borderless) world. Hal ini jelas membuat semua kegiatan saling berpacu satu sama lain untuk mendapatkan kesempatan (opportunity) dan keuntungan (profit). Kadangkala untuk mendapatkan kesempatan dan keuntungan tadi, memaksa orang untuk menghalalkan segala cara mengindahkan ada pihak yang dirugikan atau tidak.
Dengan kondisi seperti ini, pelaku bisnis kita jelas akan semakin berpacu dengan waktu serta negara-negara lainnya agar terwujud suatu tatanan perekonomian yang saling menguntungkan. Namun perlu kita pertanyakan bagai mana jadinya jika pelaku bisnis dihinggapi kehendak saling "menindas" agar memperoleh tingkat keuntungan yang berlipat ganda. Inilah yang merupakan tantangan bagi etika bisnis.
Sebuah studi selama 2 tahun yang dilakukan The Performance Group, sebuah konsorsium yang terdiri dari Volvo, Unilever, Monsanto, Imperial Chemical Industries, Deutsche Bank, Electrolux, dan Gerling, menemukan bahwa pengembangan produk yang ramah lingkungan dan peningkatan environmental compliance bisa menaikkan EPS (earning per share) perusahaan, mendongkrak profitability, dan menjamin kemudahan dalam mendapatkan kontrak atau persetujuan investasi.
Di tahun 1999, jurnal Business and Society Review menulis bahwa 300 perusahaan besar yang terbukti melakukan komitmen dengan publik yang berlandaskan pada kode etik akan meningkatkan market value added sampai dua-tiga kali daripada perusahaan lain yang tidak melakukan hal serupa.
Bukti lain, seperti riset yang dilakukan oleh DePaul University di tahun 1997, menemukan bahwa perusahaan yang merumuskan komitmen korporat mereka dalam menjalankan prinsip-prinsip etika memiliki kinerja finansial (berdasar penjualan tahunan/revenue) yang lebih bagus dari perusahaan lain yang tidak melakukan hal serupa.

Strategi untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Motivasi

Strategi dapat diartikan secara sederhana sebagai apa yang akan dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Memang harus diakui bahwa dalam rangka merumuskan sebuah strategi tidak mudah, tetapi perlu melibatkan semua bawahan. Strategi itu dibuat dalam rangka mencapai visi, misi dan tujuan organisasi atau perusahaan untuk memuaskan konsumen atau pelanggan. Dan tentunya bagaimana meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi para pekerja atau bawahan sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan sebuah perusahaan.
Sebagai seorang pimpinan sebuah organisasi publik, setidak-tidaknya ada 3 (tiga) tanggung jawab seorang pimpinan dalam memotivasi bawahan. Ketiga tanggung jawab itu adalah :
  1. Merumuskan batasan pelaksanaan pekerjaan bawahannya.
    Setiap pimpinan unit kerja harus mampu merumuskan batasan atau
    mendeskripsikan mengenai apa yang diharapkannya dari pekerja dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Deskripsi ini harus berorientasi pada pelaksanaan pekerjaan yang efektif secara berkelanjutan untuk semua pekerja. Deskripsi volume dan beban kerja secara individual sumbernya dapat diperoleh dari hasil analisis pekerjaan. Perumusan tujuan pekerjaan yang memenuhi 88 persyaratan, akan memotivasi bawahan meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Perlu dilakukan rumusan tugas masing-masing staf dan menginventarisasi pekerjaan masing-masing staf dalam bentuk uraian tugas, sehingga mereka dapat memahami tugas pokok dan fungsinya.
  2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas untuk pelaksanaan pekerjaannya.
    Fasilitas tidak sekedar peralatan kerja yang menjadi tanggung jawab pimpinan untuk pengadaannya. Fasilitas yang menjadi tanggung jawab pimpinan yang terpenting diantaranya adalah usaha dalam memperkecil hambatan-hambatan yang mengganggu kelancaran pekerjaan. Disamping itu, tersedianya pekerja yang berkualitas tergantung pada kemampuan melakukan seleksi pada waktu penerimaan pekerja.
  3. Memilih dan melaksanakan cara terbaik dalam mendorong atau memotivasi.
    Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dorongan kerja pada para pegawai di lingkungan unit kerja masing-masing dengan memberikan ganjaran. Dalam kenyataannya para pimpinan pada umumnya mengetahui bahwa pemberian ganjaran dalam bentuk insentif kurang berfungsi sebagai motivasi untuk jangka waktu yang lama. Ganjaran yang efektif sebagai motivasi kerja harus memenuhi persyaratan, yaitu berharga bagi bawahan, jumlah yang memadai, waktu yang tepat, berbagai jenis yang disukai dan diberikan secara adil dan wajar.
Menurut Armstrong (1998:83-88) ada beberapa strategi untuk meningkatkan motivasi kerja pegawai. Strategi yang diterapkan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Strategi penggunaan pendekatan yang disederhanakan.
  • Strategi penggunaan metode motivasi.
  • Strategi menyatukan semua cara untuk memotivasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada bawahan menentukan sasaran dan memberikan umpan balik yang positif jika mereka melakukan sesuatu dengan benar dan umpan balik negatif jika mereka melakukan kesalahan termasuk di dalamnya adalah model motivasi.

Monday, November 15, 2010

Faktor yang Mempengaruhi Pergerakan Harga Saham

Suatu perusahaan dapat menjual hak kepemilikannya dalam bentuk saham. Suatu perseroan terbatas mengeluarkan sertifikat saham kepada pemiliknya sebagai bukti investasi mereka dalam usaha. Saham adalah tanda penyertaan modal pada perseroan terbatas seperti yang telah diketahui bahwa tujuan pemodal membeli saham untuk memperoleh penghasilan dari saham tersebut. Masyarakat pemodal itu dikategorikan sebagai investor dan speculator. Investor disini adalah masyarakat yang membeli saham untuk memiliki perusahaan dengan harapan mendapatkan deviden dan capitat gain dalam jangka panjang, sedangkan spekulator adalah masyarakat yang membeli saham untuk segera dijual kembali bila situasi kurs dianggap paling menguntungkan seperti yang telah diketahui bahwa saham memberikan dua macam penghasilan yaitu deviden dan capital gain. Satuan dasar dari modal saham adalah lembar saham. Suatu perseroan terbatas mengeluarkan sertifikat saham untuk sejumlah lembar saham yang diinginkan. Saham yang ada ditangan pemegang saham disebut saham beredar. Total jumlah saham dalam peredaran pada tiap waktu mewakili seratus persen kepemilikan perseroan terbatas disebut modal saham.

Ada berbagai definisi saham yang telah dikemukakan oleh para ahli maupun berbagai buku-buku teks, antara lain:
a) Menurut Gitman: Saham adalah bentuk paling murni dan sederhana dari kepemilikan perusahaan. (Gitman:2000, 7)
b) Menurut Bernstein: Saham adalah selembar kertas yang menyatakan kepemilikan dari sebagian perusahaaan. (Bernstein:1995, 197)
c) Menurut Mishkin: Saham adalah suatu sekuritas yang memiliki klaim terhadap pendapatan dan asset sebuah perusahaan. Sekuritas sendiri dapat diartikan sebagai klaim atas pendapatan masa depan seorang peminjam yang dijual oleh peminjam kepada yang meminjamkan, sering juga disebut instrumen keuangan. (Mishkin:2001, 4).

Sunday, November 14, 2010

Proses Pemasaran dan Perilaku Konsumen

PENGERTIAN PEMASARAN


Adalah kumpulan aktifitas-aktifitas atau kegiatan dan merupakan bagian dari perekonomian karena dapat menetapkan suatu harga produk, mempermudah dan memperlancar kegiatan perekonomian yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.

PROSES PEMASARAN
Proses pemasaran yaitu merupakan tahapan dimana barang atau pun jasa dapat sampai ke tangan konsumen dari produsen. Adapun proses pemasaran terdiri dari:
1. Adanya Produk. Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns. Dimulai dengan adanya produk atau jasa yang ditawarkan sangatlah penting sebagai awal terjadinya proses pemasaran. Sehingga, pemasar dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang akan dipasarkannya.
2. Penetapan Harga. Harga yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price. Melalui penetapan harga, pemasar bisa memasarkan produknya sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan.
3. Saluran Distribusi. Yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.Pemasar juga bertindak sebagai ditrsibutor dimana tugasnya adalah menjadi penghubung antara produsen dan konsumen agar memperlancar kegiatan perekonomiannya.
4. Promosi. Promosi yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing. Promosi dilakukan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan kepada para konsumen agar mereka tertarik untuk membeli. Cara promosi ini dapat dilakukan melalui iklan. Agar konsumen atau calon pembeli tertarik dengan apa yang ditawarkan, maka promosi ini harus dilakukan semenarik mungkin.
5. Pembelian. Setelah promosi dilakukan dan terjadi ketertarikan konsumen, maka yang terjadi adalah pembelian.

Situs Layanan Gunadarma

Universitas Gunadarma sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dimana berdasarkan webometrics menempati posisi ke 4. Dalam perkembangannya, universitas ini berbasis teknologi. Sehingga dalam pelayanannya banyak sekali alamat-alamat yang dapat di akses via internet. Berikut ini akan dijelaskan layanan apa sajakah yang disediakan Universitas Gunadarma bersama penjelasannya dengan disertakan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing situs layanan tersebut.

STUDENT SITE
Dapat diakses melalui http://studentsite.gunadarma.ac.id Situs ini merupakan layanan yang diberikan Universitas Gunadarma kepada mahasiswa agar mereka dapat memperoleh informasi terkini mengenai Gunadarma. Seluruh mahasiswa Gunadarma tanpa terkecuali wajib memiliki akun di situs ini agar dapat mengaksesnya dengan log in menggunakan username dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Ketika sudah berhasil log in, mahasiswa akan menemukan menu-menu seperti di bawah ini:
  1. Home : Merupakan halaman muka dimana terdapat berbagai informasi paling update di Gunadarma, contohnya BAAK News berupa pengumuman pembagian smartcard untuk mahasiswa atau informasi lainnya untuk mahasiswa baru, dll. Terdapat juga kalender akademik selama satu semester.
  2. BAAK News : Berisi pengumuman-pengumuman yang ditujukan untuk mahasiswa seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya
  3. Lecture Message : Menu ini berisi perintah atau tugas yang ditujukan kepada mahasiswa dari dosen ataupun administrasi gunadarma. Di dalamnya akan dijelaskan jenis tugasnya apa, kapan deadlinenya, dan bagaimana proses dalam mengumpulkan tugas tersebut. Penyampaiannya hanya melalui media internet saja, sehingga diharapkan mahasiswa rajin untuk mengecek akun student site nya agar tidak ketinggalan informasi mengenai tugas.
  4. Rangkuman Nilai : Menu ini berisi tentang rangkuman nilai dari mulai nilai lokal, utama, workshop/kursus, PI/skripsi/attitude/perpustkaan
  5. Jadwal kuliah : Berisi tentang jadwal kuliah mahasiswa yang bersangkutan
  6. Jadwal Ujian : Menu ini berisi jadwal ujian mahasiswa lengkap dengan disertai kapan ujian berlangsung, mata kuliahnya apa dan tempat pelaksaan ujian.
  7. Surat Keterangan : Dalam menu ini dapat diakses mahasiswa untuk memperoleh surat keterangan dan untuk pengambilannya dapat langsung dilakukan di gedung D di loket surat keterangan.
  8. Informasi Absen : Menu ini berisi tentang absensi dari siswa yang bersangkutan. Sayang sekali menu ini hanya mencantumkan absesnsi mahasiswa mulai dari angkatan 2007 saja.
  9. Pendaftaran Lomba Blog : Melalui menu ini, kita dapat mendaftarkan diri kita sebagai peserta lomba blog mingguan secara online.
  10. Info Seminar (UG Portofolio) : Menu ini berisi mengenai informasi-informasi mengenai seminar yang dilaksanakan di Gunadarma dan juga seminar apa saja yang sudah pernah diikuti oleh mahasiswa tersebut.
  11. Tulisan (UG Portofolio) : Menu ini dapat digunakan untuk mengsubmit tulisan dalam blog mahasiswa.
  12. Tugas (UG Portofolio) : Menu ini dapat digunakan untuk mengsubmit tugas dalam blog mahasiswa.
  13. Warta warga : Menu ini berisi informasi yang ada dalam warta warga.
  14. Blog Komunitas : Menu ini berisi tentang blog komunitas yang ada di Gunadarma, diantaranya ada komunitas perbankan, linux, fotografi, robotika, arsitektur, dan ekonomi syariah, dan komunitas pasar modal.




Kelebihan situs ini:

  • Dapat memberikan berbagai macam informasi terkini yang selalu update mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma.
  • USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan tIntegrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, dan pendaftaran sidang akhir.
  • Bisa digunakan sebagai media pengumpulan tugas atau memperoleh tugas paling terkini yang diberikan oleh dosen.



Kekurangan situs ini:

  • Pembuatan user id di awal sempat mengalami kesulitan.
  • Beberapa menu layanan ada yang tidak di update atau tidak dapat diaksesc. Penggunaan situs ini diwaktu yang bersamaan sesama mahasiswa Gunadarman, sehingga menyebabkan kesulitan dalam mengakses situs ini.



BAAK (BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN) ONLINE




Dapat diakses melalu http://baak.gunadarma.ac.id Merupakan biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar dan mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.pada home akan dijumpai info update, kalender akademik, jadwal akademik, info mahasiswa, info pelayanan, dll. Pada situs ini juga akan dicantumkan link situs jurusan diantaranya fakultas ilmu komputer, ekonomi, tekonologi industry, teknologi sipil dan perencanaan, psikologi, sastra, dan diploma.



Kelebihan situs ini:

  • Dapat memberikan informasi seputar akademik dan kemahasiswaan secara online sehingga aksesnya lebih mudah.
  • Adanya kolom tanya jawab yang bersifat interaktif sehingga segala pertanyaan yang diajukan mahasiswa bisa langsung dijawab via email oleh team BAAK.


Kekurangan situs ini:

  • Server yang kelebihan beban dapat membuat transfer informasi menjadi lamban.
  • Pemberian informasi yang kadang tidak tepat sasaran dan kurang memuaskan.

Yuk, Mengenal Bisnis !

BISNIS. Sebuah kata yang tak lagi asing kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kadang banyak orang yang mendefinisikan bisnis sebagai sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang besar, namun pada kenyataannya sebuah bisnis tidak hanya dapat diartikan seperti itu. Kegiatan usaha yang dilakukan seseorang atau kelompok yang bertujuan untuk mendapatkan laba dari sebuah transaksi itulah yang disebut bisnis. Transaksi disini bisa diartikan dalam menjual produk atau jasa. Kegiatan bisnis, bisa dilakukan dimana aja dan kapan saja dan media apa saja. Seseorang yang mendirikan warung nasi atau pun counter handphone misalnya, mereka pun sedang melakukan bisnis. Atau pun perusahaan besar seperti PERTAMINA, PT. TELKOM, mereka pun melakukan bisnis. Bedanya pada pasar yang lebih besar dan luas dibandingkan dengan yang pertama. Nah, mereka yang melakukan kegiatan bisnis, biasanya disebut pebisnis/businessman/businesswoman.

Banyak sekali bidang yang dapat dijadikan lahan untuk berbisnis. Contohnya bidang makanan, tekstil, jasa pengiriman, property, dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat berkembang tentunya dengan teknik-teknik tertentu. Contohnya apabila kita ingin memulai sebuah bisnis, kita harus tau terlebih dulu jenis bisnis apa yang cocok dengan menyesuaikan target pasarnya, lokasi tempat berbisnis, dan tentunya strategi-strategi jitu lainnya agar bisnis yang kita kelola bisa terus berkembang baik dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat. Salah satunya kita harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk, terampil dalam pemasarannya, dan masih banyak hal lainnya yang bisa dipertimbangkan.

Di era modern seperti saat ini dimana teknologi sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi sari kehidupan manusia, tidak ada salahnya pula kita manfaatkan sebagai media untuk mempromosikan bisnis yang sedang kita jalani. Kita bisa menggunakan fasilitas internet untuk mempermudah pemasaran produk/jasa yang kita tawarkan. Pada kenyataanya banyak sekali faktanya bahwa memasarkan produk lewat internet sangat membantu dalam meningkatkan daya beli. Hal ini terjadi pada masyarakat yang sibuk dan tidak sempat mendatangi tempat yang menawarkan produk dan jasa tersebut, sehingga transaksi pun bisa dilakukan melalui ‘dunia maya’.

Contoh real-nya terjadi pada rekan saya sendiri. Di usia yang cukup belia, dia sudah bisa membiayai SPP-nya sendiri. Hal itu dia peroleh berkat kerja kerasnya yang gigih dan kemauan untuk berbisnis yang sangat tinggi. Dia membuka penjualanan pulsa dan bisnis butik on-line. Hal ini sangat mudah dilakukan dan tentunya dengan modal yang cukup terjangkau. Ketika ingin menjadi agen pulsa, yang dibutuhkan hanyalah sebuah handphone dan pendaftaran saldo awal Rp. 100.000,00. Sementara itu, untuk bisnis butik on-line sendiri yang dia butuhkan hanyalah sebuah konsinyasi dari produsen baju/tas/sepatu yang diperjualbelikan. Dan tentunya ia mempromosikannya melalui dunia maya seperti facebook dan jejaring sosial lainnya yang sedang popular saat ini. Dari usahanya itulah ia bisa memperoleh penghasilan berkisar sekitar Rp. 600.000,00. Hal ini cukup menguntungkan untuk kategori pelajar atau mahasiswa untuk menambah-nambah uang jajan atau bahkan bisa membantu orang tua dalam meringankan beban biaya untuk sekolah atau kuliah. Bisnis yang semula hanya sekedar ‘iseng-iseng’, kini bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan menggiurkan. Apalagi untuk memulai bisnis di jaman sekarang ini, kita tidak perlu lagi membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil pun kita bisa, asalkan kita harus sepandai-pandainya memutar uang agar bisa mendapatkan keuntungan selalu.

Sebenarnya untuk menjadi seorang pebisnis merupakan hal yang gampang-gampang susah. Kuncinya kita harus berani mengambil keputusan dengan baik dan siap akan konsekuensi baik atau buruknya. Karena yang perlu diingat adalah bahwa setiap jalan yang kita tempuh dalam berbisnis pastilah tidak akan semulus jalan tol. Akan ada masalah-masalah yang datang sehingga sehingga diharapkan seorang pebisnis dapat bertindak cepat namun tidak gegabah. Pebisnis juga harus pintar-pintarnya mengambil peluang dalam setiap kegiatan bisnisnya. Hal ini dilakukan tentunya untuk meningkatkan keuntungan yang diperolehnya.

Jadi, bagi siapa saja yang ingin memulai berbisnis, jangan pernah ragu untuk memulainya. Karena berbisnis itu mengasyikkan, bahkan dalam sebuah Hadits Rasulullah SAW dinyatakan bahwa dari 20 pintu rezeki, 19 diantaranya untuk pengusaha (pebisnis) dan 1 pintu lainnya diperuntukkan bagi para pegawai. SELAMAT MENCOBA BERBISNIS :)

Hello, world !!!!!!!!!!!

Hey there, welcome to my new blog !!!
This is my first post. Salam kenal dan salam hangat saja dari saya untuk kalian semua. Blog ini dibuat berdasarkan update dari blog sebelumnya di http://ekaagustianingsis.wordpress.com Adapun blog ini dibuat sebagai tujuan awalnya memenuhi tugas mata kuliah softskill. Semoga ke depannya dapat lebih berkembang. Akhir kata semoga saja blog dan segala hal yang ada di sini dapat memberikan manfaat untuk kita semua yaaaaaaaah. Jangan bosen untuk dikunjungi okey? Thank you very much.


with ♥♥♥♥♥
-Eka Agustianingsih-